Latest Posts

TIDAK BISA LOGIN HOTSPOT MIKROTIK

Login ke hotspot mikrotik di PC Desktop melalui koneksi kabel utp bisa, tetapi dengan laptop/notebook melalui koneksi wireless access point malah tidak bisa.



Di analisa dahulu sumber masalahnya ada dimana :

1. Cek koneksi login ke internet dengan kabel.

- Jika tidak bisa, berarti kabelnya yang terputus, coba dicek dengan LAN tester.

- Jika kondisi kabel bagus tetapi tetap tidak bisa terkoneksi berarti kemungkinan wireless acces pointnya yang bermasalah, coba di cek statusnya.


2. Cek kondisi wireless access point.

-  Wireless access point butuh sesekali di reboot, karena alat ini terus menyala selama 24 jam setiap hari. Jika tidak tersedia / tidak bisa di reboot melalui perangkat lunaknya, maka reboot saja melalui perangkat kerasnya dengan cara mencabut langsung adapter charger dari alat ini lalu di diamkan sebentar kemudian dipasang kembali.
- Cek juga koneksi kabel dari alat ini ke sumber ( hub, switch ).


3. Cek kondisi mikrotik.

- Jika yakin sumber masalahnya hanya terdapat di mikrotik, maka di reboot saja.

- Terkadang sistem mikrotik butuh sedikit penyegaran karena selalu hidup 24 jam setiap hari, adakalanya beberapa rule-nya tidak berfungsi dengan baik.  


4. Cek kondisi wireless di laptop / notebook.

- Perangkat wireless di laptop/notebook terkadang tidak bisa menangkap sinyal wireless access point, untuk memperbaiknya coba di nonaktifkan dahulu sebentar lalu di aktifkan kembali.

- Di windows OS bisa mengunakan tombol Diagnose.

- Cek koneksi wireless access point dengan laptop/notebook orang lain, jika bisa berarti masalahnya terdapat pada laptopnya





Tidak ada komentar:

Posting Komentar