Latest Posts

Mikrotik Tidak Bisa di Remote Via Winbox



Masalah ini pernah saya alami, sempat membuat bingung juga, apa yang sebenarnya terjadi mungkinkah sistemnya menjadi error dikarenakan hal tertentu seperti salah konfigurasi, sistem error, sistem error karena not properly shutdown dsb. 

Untungnya, ya untungnya... mikrotik juga bisa di remote melalui webfig, maka bisa dengan mudah saya periksa & ditelusuri apa masalahnya kemudian baru saya coba diperbaiki.

Caranya sebagai berikut :
  1. Login ke mikrotik via webfig dengan cara ketikan http://ip-address-lokal- mikrotik atau ip-address-publik-mikrotik.
  2. Kemudian ke IP > Service > IP Service List.
  3. Restart port winbox dengan cara Disable & Enable kan kembali portnya.



Dalam kasus saya ini unik juga, entah kenapa port winbox seperti tidak merespon  ( Hang ) namun setelah di Non-aktifkan [ Disable ] & di Aktifkan [ Enable ] kan kembali port winbox nya maka masalahnya akan selesai. Dan masalah ini terhitung ada 4 kali saya alami dengan tempo waktu yang berbeda. 

Tips. Cara ini terbukti bisa mengatasi masalah tidak bisa remote mikrotik lewat winbox dan lakukan cara sebaliknya jika ternyata port service lewat web-nya yang bermasalah.

Semoga Membantu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar